Phimosis dan Pencegahan Pranikah

Phimosis dan Pencegahan Pranikah      

Tanya:

SAYA seorang pria berumur 25 tahun dan belum menikah, tetapi sudah punya pacar dan pernah melakukan hubungan seks. Saya mempunyai masalah pada alat kelamin saya yaitu kulit pada ujung kelamin saya tidak bisa ditarik, sehingga tidak bisa dibersihkan bagian dalamnya dan kalau saya kencing ujungnya kembung.

Yang ingin saya tanyakan, apakah yang terjadi pada alat kelamin saya? Apakah kelamin saya normal atau ada kelainan? Kalau ada kelainan, apakah yang harus saya lakukan? Apakah harus dioperasi? Kalau ya, di mana bisa saya lakukan?

Rob, Jakarta.

Jawab : 

Dari penuturan anda saya dapat menduga anda belum pernah dikhitan (sirkumsisi). Keadaan yang Anda alami adalah suatu kelainan pada kulit penutup bagian kepala penis, yang diameter lubangnya lebih kecil atau bahkan lengket pada kepala penis (gland). Akibatnya kulit penutup itu tidak dapat ditarik ke belakang dan selalu menutup bagian kepala penis. Keadaan ini disebut phimosis. Maka bagian kepala penis tidak dapat dibersihkan, yang berarti selalu berada dalam keadaan tidak sehat. Kalau diameter lubang kulit penutup itu sangat kecil, maka aliran kencing juga terhambat dan sering menyebabkan kulit itu menggelembung ketika kencing. Inilah yang agaknya Anda alami.

Tetapi lebih dari itu, phimosis dapat menyebabkan penimbunan  produk kelenjar pada bagian kepala penis, berupa bahan putih seperti pasta. Selanjutnya infeksi mudah terjadi, yang menimbulkan pembengkakan, rasa sakit, dengan bau yang mengganggu. Akibat lebih jauh yang patut diwaspadai ialah kemungkinan terjadinya kanker penis. Jadi phimosis jelas merugikan bagi kesehatan kelamin. Karena itu, phimosis jangan dibiarkan.

Cara paling tepat ialah dilakukan sirkumsisi (sunat). Sirkumsisi (circumcision) dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti HIV, Kanker penis dll. Saya sarankan Anda disirkumsisi. Anda dapat menjalaninya di RS di mana saja. 

Iklan



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: